Tag

, , , , ,

7 Januari, 6 tahun yang lalu. Saya masih ingat pagi hari sekitar jam 7 terlahirlah putri pertama kami yang bernama Agatha Wulansari Sekarlangit (Sekar).

Tak terasa terlalu lama sejak saat itu, tahu-tahu berdirilah sebentuk gadis kecil di depan saya. Dengan gaya yang begitu rupa di depan kamera, menunjukkan pertumbuhannya dari balita menjadi gadis kecil yang mulai mencari hitam putihnya dunia.

Banyak yang bilang, punya anak perempuan itu pertanda bapaknya bandel. Entahlah, hanya Tuhan yang tahu bandel apa tidak saya ini. Yang pasti, memang punya anak perempuan agak membuat hati ini lebih banyak pikiran. Tapi saya buang jauh-jauh segala pemikiran itu…

Umur 6 tahun, semakin besar dan semakin kritis. Mulai muncul pertanyaan-pertanyaan yang kadang membuat dahi saya berkerut, hati saya deg-degan, dan kadang seringkali mengejutkan pertanyaan-pertanyaan yang bisa muncul dari bibir kecil itu. Dari mulai pertanyaan mengenai problematika hubungan keluarga, hingga pertanyaan tentang kebenaran agama ini dan itu. Ampuuunnn…

Tapi tidak apalah, sesulit apapun pertanyaannya akan coba sebisa mungkin saya cari tahu jawabannya. Lebih baik tanya ke bapaknya daripada tanya ke orang lain. Ya tho?

Teruslah engkau eksplorasi dunia ini anakku…

Pelajarilah berbagai hal yang membuatmu bisa membedakan hitam putihnya dunia.

Tatkala dunia begitu abu-abu, gunakanlah mata hatimu untuk membedakannya.

Entah bagaimana rupa dunia ini di masamu nanti anakku, untuk itulah mari kita sama-sama mempersiapkan dirimu menghadapi itu semua.

Selamat Ulang Tahun Anakku, Tuhan memberkati…

Salam damai.