Tag

, , , , , ,

In this handout photo provided by the White House, a folder for U.S. President Barack Obama (the 44th president) is shown, left for him by Former U.S. President George W. Bush on the Resolute desk in the Oval Office of the White House January 20, 2009 in Washington, D.C. (Eric Draper/The White House via Getty Images) #

In this handout photo provided by the White House, a folder for U.S. President Barack Obama (the 44th president) is shown, left for him by Former U.S. President George W. Bush on the Resolute desk in the Oval Office of the White House January 20, 2009 in Washington, D.C. (Eric Draper/The White House via Getty Images) #

Obama, Presiden Amerika Serikat ke-44 sepanjang sejarah dari mulai kemerdekaan negara tersebut. Serentak euforia terjadi di berbagai penjuru dunia, berharap ada perubahan pada Amerika Serikat yang berasal dari diri seorang Obama.

Vertie Hodge, 74, weeps during an Inauguration Day party near Martin Luther King, Jr. Blvd. in Houston on Tuesday, Jan. 20, 2009 after President Barack Obama delivered his speech after taking the oath of office, becoming the first black president in the United States. (AP Photo/Houston Chronicle, Mayra Beltran) #

Vertie Hodge, 74, weeps during an Inauguration Day party near Martin Luther King, Jr. Blvd. in Houston on Tuesday, Jan. 20, 2009 after President Barack Obama delivered his speech after taking the oath of office, becoming the first black president in the United States. (AP Photo/Houston Chronicle, Mayra Beltran) #

Keith Hart, center, a Vietnam Army veteran, cheers as he watches Barack Obama be inaugurated as president, on television with other patrons of the Oxford Bar in Missoula, Mt., one of the oldest bars in Montana, on Tuesday, Jan. 20, 2009. (AP Photo/Michael Albans) #

Keith Hart, center, a Vietnam Army veteran, cheers as he watches Barack Obama be inaugurated as president, on television with other patrons of the Oxford Bar in Missoula, Mt., one of the oldest bars in Montana, on Tuesday, Jan. 20, 2009. (AP Photo/Michael Albans) #

Yang di Indonesiapun tidak kalah semangat dalam merayakan pelantikan Obama, apalagi yang jalan hidupnya pernah bersinggungan atau berdekatan dengan Obama semasa dia tinggal di Indonesia.

Sebagian besar orang sepertinya berharap banyak “sang polisi dunia” bakal lebih ramah kepada penghuni bumi lainnya di bawah kepemimpinan seorang Obama yang latar belakangnya bukan dari kaukasian. Tentunya diharapkan kebijakan-kebijakan luar negerinya akan berbeda dengan pendahulunya yang satu ini…

Mr. Bush...

Mr. Bush...

Saya sendiri bukan termasuk golongan orang yang saya sebutkan di atas. Terus terang bagi saya, Obama tetap saja presiden Amerika… bukan presidennya dunia. Janganlah terus mentang-mentang dia pernah di Indonesia terus dia bakal memberi perhatian khusus kepada Indonesia. Wah… kejauhan🙂

Kita tidak pernah tahu apa isi amplop no. 44 yang disodorkan tersebut. Jangankan kita, sebagian besar orang Amerika Serikat sendiri saya yakin tidak tahu tentang hal-hal yang dicantumkan dalam berkas di amplop tersebut. Coba ambil contoh yang lebih kecil skalanya…

Saya tidak tahu gaji orang di sebelah saya.

Saya tidak tahu banyak hal tentang kantor saya di mana saya bekerja sehari-hari.

Saya tidak tahu mengapa sumber daya alam yang begitu besar dari negara kita dipercayakan kepada asing untuk mengelola, sementara sudah begitu banyak profesional kita menjadi tenaga ahli di berbagai penjuru dunia.

Saya tidak tahu mengapa BUMN yang strategis dijual beberapa tahun yang lalu.

Untuk semua ketidaktahuan itu, saya hanya bisa menduga dan berasumsi.

Apalagi untuk segala tindakan dan kebijakan yang diambil oleh seorang Presiden di belahan dunia 180 derajat dari tempat saya duduk sekarang…

Kenapa mereka menyerang Irak… Kenapa mereka mendukung Israel…

Hal yang sama juga berlaku di sisi lain dari dunia di mana terjadi pertikaian.

Kenapa ada pertikaian politik perebutan tanah dan minyak… Kenapa ada milisi yang melibatkan anak-anak di bawah umur… Kenapa politik harus bawa-bawa kesucian agama…

Ah, betapa semua di luar kekuasaan kita. Mari kita doakan kedamaian bagi dunia, semoga kecintaan akan perdamaian bisa menaungi seluruh insan di muka bumi.

Salam damai.