Tag

, , ,

pay-it-forward

Habis nonton film “Pay It Forward” di Star Movies. Yang main bagus-bagus: Kevin Spacey, Helen Hunt, sama Haley Joel Osment yang biasa berperan jadi anak kecil genius atau extraordinary. Tadinya dipikir film nggak terlalu serius, eh ternyata isinya bagus banget. Mengenai konsep pay it forward yang ternyata cukup beken di Amerika sana.

Saya nggak menceritakan detil filmnya bagaimana, silakan Anda tonton sendiri saja biar lebih afdol. Di sini saya cuma mau highlight pada konsep yang ditawarkan di film itu.

Setelah cek dan tanya sama uncle google, beliau bercerita bahwa pay it forward ini ada yayasannya segala lho: http://www.payitforwardfoundation.org/

Konsep dari Pay It Forward ini sederhana saja, saya coba sampaikan secara singkat di sini:

  1. Anda mulai dengan melakukan bantuan ke 3 orang yang Anda temui dalam kehidupan Anda, dan Anda nilai orang tersebut mengalami kesulitan.
  2. Bantuan tersebut hendaknya sesuatu yang berarti bagi hidupnya, dan butuh orang lain (Anda) untuk membantunya. Jadi bukan bantuan-bantuan semacam menyeberangkan nenek-nenek di lampu merah atau memberi sumbangan pada pengemis.
  3. Orang yang Anda tolong tidak perlu membalas kebaikan tersebut pada Anda, tapi hendaknya mereka meneruskan kebaikan itu dengan berbuat kebaikan yang sama pada 3 orang yang mereka temui.
  4. Begitulah “pohon” pay it forward nantinya diharapkan terus berkembang dan berkembang… Dalam 3 iterasi, akan ada 3 + 9 + 27 orang yang mendapatkan “berkah” –> 39 orang. Bayangkan apabila hal tersebut terus berlaku sampai “n” kali iterasi…

payitforward12

Sederhana… tapi cukup menakjubkan moralnya. Mudah-mudahan hal ini bisa kita coba realisasikan dari sesuatu yang berbentuk utopia menjadi hal yang lebih nyata. Seperti halnya konsep “in harmonia progressio” yang saya pertanyakan ke-utopia-an atau realitasnya pada posting saya sebelumnya (in harmonia progressio)… demikian juga konsep pay it forward.

Mari kita coba tengok kanan kiri, siapa tahu ada 3 orang yang bisa kita tolong.

For a better world…

Salam damai.