Tag

, , , , , ,

naga

Seperti halnya rasi bintang yang mendasarkan tipikal orang dari tanggal lahir, atau shio yang berdasarkan tahun lahir… saya coba mendeskripsikan tipe karyawan macam apa saja yang pada umumnya terdapat di perusahaan-perusahaan yang ada.

Paling tidak ada 12 macam tipe karyawan yang saya analogikan dengan (maaf) binatang.

Nah, “binatang” macam apakah anda di kantor? Silakan dicermati dan direnungi masing-masing. Ini bukan untuk menentukan benar atau salah lho ya, hanya buat lucu-lucuan saja kok. He he he…

  1. Kelinci, imut… lucu… dan senang kawin alias kerjaannya cari pacar baru terus di kantor, setiap ada karyawan baru yang bening langsung deh disikat. Kelinci yang hebat bisa melebarkan cakupannya tidak hanya di kantor, tapi di kantor lain yang satu gedung atau kompleks.
  2. Kuda, lari terus mengejar target. Betul-betul bertenaga dan memberi kontribusi besar kepada perusahaan. Seringkali pakai kacamata kuda sampai tidak sempat lagi berteman, apalagi cari pacar. Tipe kuda inilah yang paling banyak dicari perusahaan.
  3. Kerbau, selalu berbeban berat. Tipe kerbau ini tidak pernah mengeluh dalam bekerja, sehingga atasannya dengan leluasa menambahkan beban pekerjaan kepada mereka yang masuk tipe ini. Mereka memiliki tenaga yang besar, tapi seringkali dijuluki dungu karena disuruh apa saja mau.
  4. Rajawali, sang Frequent Flyer. Tipe rajawali ini biasanya tidak pernah terlibat dalam urusan keseharian kantor, tetapi entah kenapa untuk urusan perjalanan dinas – apalagi penerbangan ke luar negeri – sang rajawali inilah yang hampir selalu ada di urutan pertama karyawan yang ditugaskan. Karyawan tipe rajawali ini bisa dikenali dari meja atau komputernya yang dihiasi foto-fotonya di berbagai negara.
  5. Anak rajawali, sang pengumpul souvenir. Terkait erat dengan sang tipe rajawali, maka karyawan tipe anak rajawali bisa dipastikan tidak pernah dikirim ke luar negeri oleh kantor. Tetapi kalau kita lihat meja kerjanya, banyak sekali souvenir-souvenir luar negeri yang tak lain dan tak bukan adalah oleh-oleh dari sang Rajawali yang jadi teman dekatnya.
  6. Anjing gembala, sang agent of change. Seperti halnya tugas anjing gembala yang menjaga kawanan domba tetap pada kumpulannya, begitu pula karyawan tipe anjing gembala. Mereka tidak memiliki output yang jelas dari diri mereka sendiri. Satu-satunya output yang bisa diharapkan dari mereka adalah teriakannya yang sangat kencang, membuat karyawan-karyawan lain mau tidak mau mengerjakan tugasnya daripada mendengarkan terus teriakan sang anjing gembala.
  7. Tikus, penggerogot yang lincah. Karyawan tipe tikus ini harus dihindari oleh setiap perusahaan. Seperti halnya tikus, karyawan tipe ini cenderung untuk menggerogoti aset perusahaan. Celakanya, tikus ini cukup lincah sehingga cukup sulit untuk ditangkap walaupun sudah seringkali tertangkap mata. Karyawan tipe tikus ini tidak akan terlalu menonjol, tetapi pada saat yang lain lengah dia akan beraksi.
  8. Ulat daun alias uler keket. Senada dengan tikus, karyawan tipe uler keket ini menggerogoti daun yang dihinggapinya alias kantor di mana dia bekerja. Sedikit berbeda dengan tikus yang bisa diusir, uler keket akan terus menempel di daun hingga daun itu habis. Tipe karyawan ini biasanya tidak ada output dari mereka, tidak terlihat aktivitas yang berarti, dan terlihat sangat nyaman berada dalam lingkungan kantor.
  9. Kutu loncat, barangkali sudah banyak yang tahu. Sang kutu loncat akan terus meloncat-loncat dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya. Ciri-ciri karyawan jenis ini adalah dia tidak punya teman dekat karena tidak pernah lama di satu perusahaan, jarang aktif di mailing list karena terus menerus berganti alamat email, selalu antusias pada 1 bulan pertamanya di satu perusahaan tetapi mulai jenuh dan menjelek-jelekkan atasannya setelah memasuki bulan kedua atau ketiga di perusahaan itu.
  10. Harimau, ini dia rajanya hutan korporasi. Selalu memancarkan hawa menakutkan, dan selalu memakan korban. Untuk menyambung kelangsungan hidupnya sang harimau akan makan beberapa korban dari binatang-binatang lainnya, biasanya berupa tumbal supaya kesalahan tidak ditimpakan pada sang harimau.
  11. Gajah, the Untouchable. Karyawan tipe gajah ini entah karena skill atau hal lainnya, bisa menjadi sosok yang tidak tersentuh oleh binatang lainnya termasuk sang harimau sekalipun. Tidak ada yang berani mencari masalah dengan karyawan tipe gajah ini. Biasanya karyawan tipe gajah ini tidak banyak bicara, sekalinya bicara akan sangat sulit terbantahkan.
  12. Naga, sang penguasa. Semburan apinya bisa membuat orang banyak berlari-lari dengan segenap tenaga, kepakan sayapnya bisa menghancurkan satu desa, dan dengan satu dua hentakan dia sudah mengangkasa. Kemampuannya menggerakkan orang sangat dahsyat, seringkali aksi briliannya makan korban tetapi apapun ceritanya pada saat itu dia sudah jauh berada di posisi atas. Tinggallah mantan rekan-rekan sejawatnya yang kebagian tugas membereskan peninggalan sang naga.

Jadi, “binatang” macam manakah Anda?

Salam damai.