Tag

, , , , , , ,

Nasib pelabuhan SUNDA KELAPA…

Sunda_kelapa_24a

Ceritanya minggu lalu hunting bareng temen-temen kantor…
Obyeknya: SUNDA KELAPA; secara kita udah pernah hunting kota tua, landscape, flora dan fauna, sementara Sunda Kelapa yang notabene salah satu tempat standar hunting foto malah belum kita datengin.
Rencananya mau ngambil sunset di sana, tadinya mau pakai busway eh kok ya pada penuh semua. Ya udah deh, taksi jadinya. Kami bertujuh naik dua taksi. Semua peralatan (yang dipunyai) udah siap, dari mulai kamera, lensa, filter, dan tripod. Idealnya sih pakai Graduated Neutral Density (GND) filter, tapi apa daya belum punya ya udah pakai filter seadanya aja deh… Yang penting skill (halah… bilang aja gak punya duit buat beli gadget :))

Sampai sana masih jam 4:30 sore, jadi masih sempet naik perahu muterin area perairan pelabuhan, dinahkodai sama Pak Daeng dari Bugis yang senyumnya sangat menggoda…

Sunda_kelapa_11a

Ada yang mengenaskan nih, jadi ceritanya laut lagi pasang. Di samping pelabuhan ada area rawa dan perumahan rakyat. Antara laut dan area perumahan itu dibatasi oleh tanggul dari beton yang tingginya sekitar 2 meteran. Apa yang terjadi pada saat laut pasang saudara-saudara? –> Tinggi permukaan air laut berada di atas daratan di mana pemukiman penduduk itu berada. Mana airnya hitam pekat dan banyak sampah pula, walah!!!
Sementara itu jalanan area pelabuhan itu sendiri katanya sudah langganan kalau air pasang pasti jalanan tergenang. Begini ini nih pemandangannya kira-kira… (ini sekitar jam 6 sore)

Sunda_kelapa_21a

Baru kali ini tahu bahwa ada daratan di bawah permukaan air laut di Indonesia, tepatnya di Jakarta. Selama ini cuma denger cerita-ceritanya hanya ada di Londo. Weleh… weleh… Sunda Kelapa (atau Jakarta) bakal jadi negeri Belanda baru nih kalau begini caranya, atau lebih ekstrim lagi kalau dibiarkan bisa jadi Jakarta Utara tinggal kenangan… hiiii….
Jadi serem ya???

Ada yang masih minat beli rumah mewah yang super mahal di pantai utara Jakarta? he he he… Sereeeemmmm….

Salam Global Warming, semoga kita bisa menyerahkan bumi yang indah bagi anak cucu kita…

Salam damai…