Tag

, , , , , , ,

BUNDA TERESA

.

THE PROBLEM OF THIS WORLD IS THAT WE DRAW TOO NARROW LINE ON OUR CONCEPT OF FAMILY

.

Petikan kata-kata indah di atas adalah salah satu pesan dari Bunda Teresa, seorang suci yang mendarmakan hidupnya bagi kaum papa di India. Sebuah pesan yang sangat mendalam, tetapi dalam kenyataannya sangatlah sulit untuk bisa saya jalankan. Nggak usah jauh-jauh ngomongin negara lain yang berperang, dengan tetangga dekat, dengan orang yang berpapasan di jalan, dengan pengemis yang datang, saya sudah menarik garis batas yang tebal membatasi antara saya dan mereka. Garis marka tersebut saya jaga untuk mempertahankan kenyamanan hidup saya. Bayangkan sebuah dunia di mana seluruh manusia menganggap manusia lain sebagai keluarga…

Nggak usah muluk-muluk mau mengaplikasikan “Cintailah musuh-musuhmu”, walah ini almost impossible… ini areanya orang-orang suci, he he he… Saya coba memperluas area “keluarga” saya dulu deh.

Semoga bisa sedikit demi sedikit ke arah sana…

Salam Natal bagi semuanya, damai di hati… damai di bumi…

Salam damai…