Tag

, , , , , , , , , , , , , ,

Car Free Day di Jl. HR Rasuna Said

 Hari Minggu – 11 Juni 2010, Jalan HR Rasuna Said alias Jalan Kuningan diberlakukan CAR FREE DAY. Yang boleh lewat situ hanya yang nggak pakai knalpot saja. Tentu saja pengecualian buat Bus Trans Jakarta. Mulai gowes dari Duren Sawit jam 6 pagi, jalan santai setelah sekitar 1 bulan nggak nggenjot pedal karena pergi-pergi terus. Jadi biar nggak kaget (baca: ngos-ngosan dan kram), gowesnya santai dulu saja… < 20 km/jam.

Sampai di Jembatan Kuningan jam 7, narsis dulu dengan latar belakang menara-menara Four Seasons. Segar juga udara di Kuningan hari Minggu pagi yang cerah itu. Uenak… nggak ada asap knalpot yang menyesakkan. Ada sedikit sayangnya, ternyata di jalur lambat masih ada mobil dan motor yang lewat…😦

 Saya bayangkan, kalau standar hidup manusia Jakarta bisa seperti apa yang ada di menara belakang saya dan semua bisa tiap hari bersepeda senyaman ini di jalan Kuningan… ah betapa indahnya Jakarta ini.

.

Epicentrum - Kuningan (tinggi juga ya...)

 Satu lagi menara hunian yang cukup menjulang dan sempat saya lewati yaitu menara-nya Om Bakrie – Epicentrum, sekitar 200 meter dari jalan Kuningan. Saya sendiri nggak pernah punya bayangan setinggi apa menara itu, sampai saya lewat di depan menara tersebut dan mendongak ke atas. Weh, tinggi juga!!!

Dengan sedikit akrobatik, saya dan istri berhasil saling memotret menara setinggi itu dengan modal kamera handphone seadanya. Narcism must go on, walau dengan gadget minimalis…🙂

Menara setinggi ITU (saya nggak tahu persis berapa lantai, jadi “ITU”nya silakan lihat foto di atas aja dan kira-kira sendiri ya…) kalau ditempatin semua – alias tingkat hunian 100% bisa muat berapa kepala ya? Terus juga yang 4 menara Four Seasons tadi, kalau ditotal jenderal bisa menampung berapa kepala juga ya?

Kira-kira… kalau dibangun menara seperti itu barang 100 buah di Jakarta ini, bisa menggantikan berapa puluh ribu rumah ya? Dan andaikan dari puluhan ribu rumah yang ter-eliminasi tersebut lantas ditanami pohon mangga / jambu / jati / dll… bakal serindang apa ya Jakarta kita yang tercinta ini?

Semisal nih (ini hitungan kasar dan bego-begoan, bukan hasil perhitungan ahli planologi yang jenius): 1 menara membutuhkan lahan 1 hektar (baca 10 ribu m2) dan bisa menggantikan 240 rumah (30 lantai @ 8 unit per lantai) yang masing-masing luasnya 150 m2 – maka 10 ribu m2 bisa menggantikan 36 ribu m2 lahan. Artinya, setiap 1 menara bisa melapangkan lebih dari 2,5 hektar lahan untuk penghijauan dan taman kota. Wah, kalau bisa dibangun 40 menara apartemen barangkali kita bisa punya semacam Central Park seluas 100 hektar di pusat kota Jakarta…. 

.

Di depan Gedung KPK

Oh iya, mumpung lagi sepi di Kuningan… mampir narsis dulu di depan Gedung KPK. Dengan GARUDA DI DADAKU, berpose di depan Gedung KOMISI PEMBERANTASAN KORUPSI. Gerakan Mikro – Nasionalisme, paling tidak berawal dari diri sendiri dulu deh…🙂

Hidup INDONESIA!!!

Salam damai…