Tag

, , , , , ,

SATE, BUNTEL, GULE GORENG…

menyambung WISATA RASA SOLO 1,

WISATA RASA SOLO 2,

WISATA RASA SOLO 3,

dan SATE TAMBAKSEGARAN

Kali ini saya menyambangi sebuah warung sate di kawasan perempatan Pasar Pon – Solo. Dari jalan Slamet Riyadi kira-kira 10 meter ke arah kiri.

Nama warungnya: SATE PAK SAMIN.

Menunya: Sate dan Gule.

Menu unik dan andalannya: GULE GORENG.

Seperti umumnya warung sate di Solo, menyajikan menu Sate dan Gule. Sate Buntel juga disediakan di sini, juga ada Sate Ginjal. Berhubung siang itu kondisi lagi lapar, jadilah kami memesan:

  • Sate Kambing
  • Sate Ginjal
  • Sate Buntel
  • Gule Goreng

Sate Kambingnya masuk kategori enak, walaupun dengan mohon maaf sebelumnya saya belum bisa memasukkannya ke dalam kategori mak nyus. Demikian pula Sate Buntelnya yang (sekali lagi) mohon maaf, menurut lidah saya kok rasanya masih lebih mak nyus Sate Buntel Tambaksegaran.

Sate Ginjalnya cukup enak, “kenyil-kenyil”… (bahasa Indonesianya apa ya, he he he)

Nah, berhubung kali itu sasaran utamanya adalah GULE GORENG –> maka pusat perhatian lidah ada pada sepiring gule goreng.

Rasanya gurih yang lembut, dalam artian bumbunya adalah bumbu gule kuning yang tidak mengandung rasa yang menohok. Teksturnya empuk dan lembut, berkat rebusan yang lama sebagai gule diakhiri dengan finishing goreng sehingga memberikan tekstur renyah. Jadi secara sepintas bisa digambarkan: RENYAH DI LUAR, EMPUK DI DALAM…

Gule Gorengnya saya masukkan ke dalam kategori MAK NYUSSS!!!!

Proses pembuatannya nggak sembarangan lho, untuk bisa membuat gule goreng ini penyelesaian akhirnya harus dilakukan oleh 3 orang secara simultan:

PROSES PEMBUATAN GULE GORENG

Jadi pada dasarnya para jeroan kambing itu dibuat gule terlebih dahulu. Nah selain disajikan sebagai gule, bisa juga gule tersebut digoreng lagi. Jadi bapaknya yang menuang gule, ibunya yang menggarami, dan ada yang nggoreng. Alhasil, jadilah sebuah sajian bernama Gule Goreng.

Sepulang dari perjalanan ke Solo, saya melakukan general check up dan hasilnya –> Kolesterol LDL di atas ambang yang disarankan.

Saya pikir Gule Goreng ini memberikan kontribusi yang lumayan terhadap LDL saya. Bagaimana tidak, Gule Goreng terdiri atas JEROAN + SANTAN GULE + MINYAK GORENG. Kombinasi yang agak berbahaya sebenarnya.

Tetapi untuk sekali-sekali berwisata rasa, sangat recommended!!!

POKOKE MAK NYUSSS!!!

Salam damai…