Tag

, , , , , , , , , , ,

Manado Icon - Patung Yesus Memberkati

Manado Icon – Patung Yesus Memberkati

Warning: Contains Disturbing Pictures…

(Artikel ini mengandung foto yang bisa mengganggu sebagian orang)

Beberapa waktu lalu untuk pertama kalinya menginjakkan kaki di salah satu ujung utara negeri ini, kota MANADO.

Menyebut Manado, beberapa hal yang terbersit adalah kuliner dan Bunaken.

Kita bahas kuliner dulu, secara umum kuliner di kawasan ini terbagi atas 3 golongan besar yang berhulu dari 3 latar belakang yang berbeda:

  • kawasan pantai / Manado, menawarkan berbagai citarasa kuliner dari pantai. Berbagai ikan bakar maupun rica-rica, hingga sambal ikan roanya.
Ikan Bakar @ Manado

Ikan Bakar @ Manado

ikan bakarnya sueger banget… fresh from the sea…

Tim Kerapu

Ikan kerapu dimasak Tim

yang menjadikan seekor ikan menjadi masakan yang enak, salah satu syarat utamanya adalah faktor kesegaran terutama ketika dibakar apalagi ditim. Dengan bahan ikan yang super segar, nggak salah kalau tim kerapunya mulus banget serat dagingnya. Seratnya masih berasa utuh dan licin, tapi serasa meleleh di mulut. Mak Nyuuuussss….

  • kawasan gunung / Minahasa, menawarkan ragam binatang darat dari mulai yang umum (ayam, babi) hingga yang cukup horror (anjing, kucing, tikus, kelelawar). Mohon maaf, bagian ini mengandung NON HALAL dan DISTURBING PICTURE (Warning!!!)
Paniki, B2, RW

Paniki (Kelelawar), B2 (Babi), RW (Guk Guk)

Masakan Tinoor menjanjikan ke-khas-an makanan daerah Minahasa, dari mulai yang cukup umum seperti Babi, hingga yang cukup unik seperti Gukguk hingga Paniki / Kelelawar.

Kalau melihat sudah terhidang dengan manis di meja makan, kita tinggal menyantap (bagi yang diperbolehkan) saja. Tetapi menyaksikan pemandangan sebelum sampai ke meja makan, cukup menjanjikan olah jiwa juga nih… Adanya di Pasar Tomohon, sekitar 45 menit dari kota Manado.

Bunga - Pasar Tomohon

Bunga – Pasar Tomohon

Biar agak seger, kita lihat foto bunga dulu sebelum foto yang horror. Tomohon ini juga terkenal dengan produksi bunganya. Makanya ada karnaval / festival bunga di Tomohon. Secara umum, Tomohon menawarkan kesejukan udara, keramahan penduduknya, dan tak lupa kecantikan gadis-gadisnya… Ahay….

Mari kita mulai foto horrornya…

three pig heads on the table...

Kepala babi di pasar Tomohon

.

.

No comment on this...

deretan gukguk di pasar Tomohon

.

.

Paniki - Pasar Tomohon

Paniki (kelelawar) – Pasar Tomohon

.

.

Proses de-bulu-nisasi at Pasar Tomohon

Proses de-bulu-nisasi at Pasar Tomohon

Kayaknya udah cukup episode horrornya, dan dari ke-horror-an itu akan menjelma menjadi hidangan yang memanjakan lidah di meja makan. Tentu saja bagi yang diperbolehkan untuk mengkonsumsinya.

  • Jajanan, yang dipengaruhi banyak unsur dari luar daerah, salah satunya adalah klappertaart alias kue kelapa hasil akulturisasi dengan bangsa londo (belanda).

Nah untuk kategori ini saya nggak sempat mengabadikan karena bentuknya rata-rata adalah take away. Tersedia banyak sekali ragam jajanan dan minuman ringan.

Manado memang kota yang damai dan memanjakan dahaga akan “culinary experience”.

Hanya saja memang ada yang musti diperhatikan yaitu (1) halal/haram – bagi muslim; dan (2) rasa pedas sebagian makanan yang bisa berbahaya buat perut. Jangan sampai kenikmatan mengeksplorasi Manado berkurang gara-gara sakit perut…🙂

Next: episode keindahan bumi Minahasa.

Salam damai…