Tag

, , , , , , ,

"Wanting a meal" - foto yang mengguncang dunia tentang kelaparan di Afrika

.

Melihat foto “Wanting a meal” yang memenangkan penghargaan tingkat dunia di atas, kok terasa agak sulit untuk menerima begitu saja ajaran dogmatis bahwa TUHAN ITU MAHA BAIK.

Betapa tidak, kalau memang Tuhan itu maha baik lalu untuk apakah Dia menciptakan penderitaan semacam itu dan dihadirkan di dunia. Di antara begitu banyak kuasa ajaibnya, kenapa harus ada mahluknya yang mendapati penderitaan dalam hidupnya.

Begitu pula halnya dengan rasa sakit, pernah di tulisan saya tentang “Mengajari anak untuk miskin” suatu kali anak saya bertanya “Kenapa sih Tuhan menciptakan rasa sakit”.

.

Kalau ditanya, apa benar Tuhan itu Maha Baik?

Menurut saya di seluruh dunia ini tidak ada yang MENGETAHUI secara pasti kebenarannya. Hanya saja memang sebagian besar manusia di dunia ini MEMPERCAYAINYA.

Kata “mengetahui” dan “mempercayai” di situ saya bold, untuk membedakan bahwasanya kebaikan Tuhan menurut kacamata dan tolok ukur manusia itu adalah sesuatu yang kita percayai – bukan kita ketahui.

Adalah sangat sulit (kalau tidak mau dibilang mustahil) untuk mengetahui algoritma keTuhan-an dengan pola pikir manusia.

.

Sekarang, ketika di hadapan kita terbentang begitu banyak keindahan… di situ kita merasakan benar kebaikan Tuhan.

BROMO - Somewhere over the rainbow

.

Siap buang jangkar @ Bunaken

.

Durian Medan...

.

img_3366_fhdr.jpg

.

Tetapi ketika dihadapkan pada banyak kenyataan hidup yang menyedihkan, seringkali menyakitkan… sungguh amat sulit untuk menerima sebuah ide universal tentang ke-maha baik-an Tuhan.

Saya sendiri percaya, bahwa kita tidak bisa mengetahui sebenar-benarnya apa di balik “benak” Tuhan. Apa benar Dia itu maha baik atau tidak, demikian juga apakah parameter baik dan tidaknya apakah sejalan dengan otak manusia atau tidak.

Satu yang saya yakin, dunia ini akan lebih indah apabila kita memilih untuk mempercayai bahwa Tuhan itu maha baik.

.

Mari kita bayangkan sebuah dunia yang mempercayai bahwa Tuhan itu jahat. Maka seorang anak yatim yang merasa sendiri di dunia ini akan menjadi pribadi yang anti sosial dan menganggap dunia ini sebagai musuh yang harus ditaklukkan dengan cara apapun. Tidak bisa dibayangkan dunia semacam itu…

Sementara itu pada dunia yang memiliki kepercayaan akan kebaikan Tuhan, akan melihat bahwa atas segala kebaikanNya maka manusiapun sudah layak dan sepantasnya untuk berbuat serupa.

Atas dasar itulah saya memilih untuk percaya bahwa Tuhan itu Maha Baik.

.

Salam damai…