Tag

, , , , , ,

2017-04-09_05.32.38

Lepas dari terminal ferry Tomok menuju Prapat – Danau Toba

Bunyi deru mesin kapal ferry perlahan mulai menggeram, menarik kami penumpang di atasnya… meninggalkan Tomok… terlepas dari pelukan Samosir, mengarungi luasnya Danau Toba menuju Prapat. Deru mesin itu seakan menjadi pertanda usainya kunjungan singkat perkenalan dengan pulau yang magis di tengah danau yang luar biasa ini.

2017-04-08_09.40.03

Menyandarkan hidupnya pada hasil alam, budaya di pulau kecil ini begitu damai dan sederhana. Pulau, ya kalau bisa dikatakan pulau… mengingat begitu dekatnya sisi barat pulau ini yang hanya terpisah semacam parit kecil dengan daratan.

Bergantung pada hasil danau dan bertani di lahan yang seadanya, mengingat kontur pulau ini yang sangat sedikit memberikan lahan landai. Di pulau yang kecil ini menjulang puncak yang menjadi pengingat bahwa danau ini adalah sebenarnya sebuah kawah dari gunung raksasa yang meledak ribuan tahun lalu hingga membentuk danau seluas ini.

2017-04-08_09.44.51

Menyusuri pinggir danau Toba di atas roda…

Dari Tuktuk salah satu cara yang nikmat untuk menikmati suasana pagi di kawasan ini adalah dengan sepeda, ya… melaju santai di pagi hari yang sejuk meluncur di atas roda.

Jalannya halus… yah sedikit naik turun sih, hitung-hitung sekalian olahraga ringan.

Bersepeda sepanjang jalan melewati banyak anak-anak berangkat ke sekolah, berjalan kaki bersama sambil bercengkerama. Rasanya sudah begitu lama saya tidak melihat suasana seperti ini, apalagi sejak kaki manusia di perkotaan begitu manja dan digantikan dengan mesin dan roda. Menyaksikan mereka bersenda gurau sambil berjalan bersama berangkat sekolah di jalanan yang sejuk… dalam hati saya menerawang, akan jadi apa saja anak-anak ini kelak. Petani, nelayan, guru, lurah, camat, pengusaha, dokter, bupati, entah apa lagi… Betapa masa depan sukar kita selami. Apa yang terjadi kelak, di satu sisi adalah buah dari usaha kita… tetapi di sisi lain banyak juga faktor yang di luar kendali kita.

Segitu dulu deh, nanti disambung lain waktu.

 

Ferry makin mendekat ke Prapat.

2017-04-09_05.30.19

Ferry menuju Prapat

Salam damai…

Iklan